Berikan Pendapat Anda tentang WI Berikan komentar positif dan santun demi pengembangan konten yang lebih menarik serta lebih faktual dengan berita ilmu yang bermanfaat bagi kita semua pada tahap selanjutnya, untuk partisipasi anda semua saya ucapkan Terimakasih

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANTI KORUPSI
Penulis
H.A. SAIFUL ARIF, ST, MPd
Alumni Teacher SuperCamp 2017 KPK RI




Semarak di berbagai media tentang kasus tindakan korupsi, bukan hal yang baru bagi masyarakat kita. Mulai dari orang tua hingga anak-anak semua tahu. Banyaknya pejabat-pejabat yang tersandung kasus korupsi hingga digelandang pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan mereka yang telah banyak merugikan keuangan negara mulai dari milyaran sampai  triliyunan seolah tiada malu melakukannya. Operasi yang dilakukan pihak KPK yang lagi ngetrend dengan  istilah yaitu Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang seakan tidak menjadikan jera para koruptor.
Fakta inilah kemudian KPK melakukan gerakan antisipasi atau pencegahan sejak dini. Sasaran yang KPK garap adalah anak-anak mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga siswa lanjutan. Kegiatan KPK mulai tahun 2015 hingga tahun 2017 sudah melakukan kerja sama dengan berbagai macam departemen antara lain Departemen Agama Repuplik Indonesia untuk mencari para guru yang kreatif dan Inovatif diajak bersama-sama dalam mengatasi masalah korupsi di negeri ini. Kegiatan yang dilakukan KPK ini diberi nama Teacher Supercamp (TSC). Tahun 2015, 2016 dan 2017 KPK  merekrut 25, 50 dan 100 guru seluruh Indonesia yang lolos seleksi lomba pembuatan aneka kreatifitas pembelajaran anti korupsi. Perlombaan yang dimaksud meliputi pertama Project learning yaitu pembuatan media pembelajaran yang terdapat nilai anti korupsi. Kedua Cergam yaitu pembuatan media pembelajaran dengan cerita bergambar yang akan meningkatkan keaktifan siswa. Ketiga Board Game yaitu pembelajaran dengan media permainan diatas papan. Keempat video yaitu membuat pembelajaran dalam bentuk film pendek yang terdapat nilai-nilai anti korupsi.
Penanaman nilai anti korupsi yang dicanangkan KPK sejak dini ada 9 nilai karakter anti korupsi yaitu Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja Keras, Sederhana, Berani dan Adil. Kemudian 9 nilai karakter anti korupsi ini di kelompokkan menjadi 3 katagori lagi Nilai Inti yang terdiri jujur, disiplin dan tanggung jawab, Nilai Sikap yang terdiri adil, berani dan peduli sedangkan Nilai Etos Kerja yang terdiri kerja keras, sederhana dan mandiri. Penanaman ini diharapkan guru sebagi pioner melaluhi lembaga pendidikan sangat dianggap penting oleh pihak KPK. Alasannya karena dinegara ini kasus korupsi sangat banyak dan menjamur seperti jamur dimusim hujan sehingga KPK berasumsi sangat mustahil jika dilakukan sendiri.
Dengan metode pembelajaran menyenagkan di kelas guru diajak membuat media pembelajaran yang menantang sekaligus kreatif dan inovasi. Mengajak siswa bermain dengan menanamkan 9 nilai anti korupsi  diluar ruang kelas ternyata hasil kegiatan Team Teacher supercamp dibeberapa lembaga di wilayah Bogor bulan Nopember lalu sangat antusias dan luar biasa tanggapan masing-masing lembaga. Banyaknya kasus korupsi yang dilakukan para pejabat negara tidak terlepas dari sikap kepedulian, tanggung jawab bahkan jujur yang sekarang habis terkikis karena egois semata. Harapan 20 tahun ke depan dari kegiatan ini, melaluhi pembelajaran di lembaga pendidikan, mulai dari usia dini hingga dewasa akan menampakkan hasil yang sangat signifikan.
Berbagai gerakan-gerakan  yang dilakukan para alumni teacher supercamp dalam menanamkan 9 nilai tadi bukan isapan jempol belaka. Mulai meminta ruang khusus kepada para pemimpin daerah hingga ke tingkat propinsi untuk melakukan audensi diberbagai macam kegiatan. Bahkan ada yang do to dor ke lembaga-lembaga pendidikan mulai dari TK sampai tingkat SMA swasta maupun negeri. Sebagai contoh sahabat yang di Kalimantan menyempatkan diri memintah waktu pada seorang manager sebuah super marked untuk memberikan tausiah kepada para pegawai super market tersebut arti sebuah korupsi dengan dampak negatifnya baik di pemerintahan atau di perusahaan. Sungguh perjuangan yang luar biasa dalam melakukan pencegahan korupsi di masa mendatang.
Harapan kami selaku alumni Teacher SuperCamp 2017, ada fasilitator lain yang akan membantu suara kami untuk menyampaikan misi bahkan budaya anti korupsi seperti Media cetak atau elektronik. Karena pembentukan budaya anti korupsi ini bukan hanya tugas orang per orang, namun menjadi tugas kita bersama dalam membangunnya. Jika media atau pemangku kebijakan melihat sinis melihat gerakan ini maka bisa dipastikan negara kita akan tinggal nama di mata dunia. Kami berharap semua orang akan berani berkata "Benani, Jujur, Hebat" seperti apa yang menjadi slogan dari teman-teman KPK. Semoga tulisan sederhana ini menjadi pemicu dan pengispirasi untuk berbuat lebih baik lagi dalam mengatasi korupsi di tanah air kita. Ayo media bantu kami, fasilitasi kami, sekecil apapun pertisipasimu akan sangat berharga bahkan menjadi gunung es yang suatu hari bakal menggelindas para koruptor-koruptor bangsa ini. Semoga.

0 komentar:

Posting Komentar